Senin, 08 Oktober 2012

Tugas kedua softskill etika bisnis

Analisis atau ringkasan acara kick andy episode "lawan korupsi jangan melempem"

Pendidikan anti korupsi diterapkan atau diselenggarakan di smp kanisius kudus dengan berbagai cara contohnya adalah sebagai berikut :

- Warung kejujuran : warung yang dimana transaksinya dilakukan dengan cara mengambil makanan sendiri dan membayar makanan yang sudah diambil, hal ini dilakukan untuk memberi kesadaran siswa siswi smp kanisius kudus untuk menerapkan kejujuran dalam setiap harinya. 

- Telepon kejujuran : tahun 2006 smp kanisius kudus menyediakan hp cdma dan gsm ditata usahanya, telepon kejujuran ini diadakan untuk mengantisipasikan para siswa untuk tidak membawa hp ke sekolah. walau pada awalnya saldo pulsa yang tersedia selalu habis karena ada beberapa siswa yang tidak jujur tetapi sekolah kanisius tetap mengadakan telepon kejujuran ini.

- Menciptakan permainan ular tangga : Basuki menerapkan bahwa tangga adalah nilai-nilai yang positif, anak - anak bisa bermain sekaligus belajar dalam permainan ular tangga ini juga  diberi gambar yang menarik seperti apabila jatuh digambar perampok maka akan meluncur ke penjara.

Basuki sugita juga mengungkapkan pada tahun 2007 siswa smp kanisius kudus menerapkan siswa - siswinya tidak membawa motor ke sekolah sebab sekitar 40 siswa kanisius membawa motor ke sekolah dan pihak sekolah memberikan peraturan bahwa hanya siswa yang mempunyai sim yang dapat membawa motor. Namun uniknya keesokan harinya semua siswa tersebut mempunyai sim, jadi pihak sekolah membuat  peraturan baru bahwa siswa yang membawa motor hanya siswa yang mempunyai sim yang datanya sesuai ijazah sd dan akhirnya tidak ada lagi siswa yang membawa motor ke sekolah.

Basuki juga  menambahkan bahwa seharusnya orang tua tidak memalsukan identitas anaknya sendiri dia pun memberi pelajaran agar orang tua lebih selektif dalam memberikan izin. Basuki juga menambahkan pendidikan anti korupsi harus diajarkan dari playground agar anak - anak mengerti dari usia dini tentang perilaku anti korupsi.


Orang - orang yang melakukan perlawanan  terhadap kejahatan korupsi dengan cara mereka masing - masing.

Siswa kelas 3 smp negeri 2 bandung fahma waluya menciptakan sebuah permainan anti korupsi games (raid the rats). Dia berhasil membuat terobosan menarik dalam tekhnologi dan informasi. Games ini memberikan pelajaran penting pada anak - anak yang memainkannya untuk mengenal sifat koruptor dan game ini tidak melepas budaya indonesia dengan musik saung angklung udjo. 
Pesan kuat yang ada dalam game ini adalah kalo ada orang yang tidak peduli dengan korupsi atau tidak peduli yang tidak tahu malu melakukan korupsi coba pikirkan keluarganya, anaknya , ibu bapaknya.



Sumber : youtube.com = kick andy episode 5 oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar