Minggu, 30 Oktober 2011

Tugas perilaku konsumen dan segmentasi pasar

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsumen dan ciri - ciri konsumen ?

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?

Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.

3. Jelaskan penggunaan segmentasi pasar dalam penetapan strategi pemasaran ?

Secara umum, terdapat tiga falsafah dasar sebagai pedoman bagi perusahaan untuk mendekati pasar, yakni pemasaran masal dimana keputusan untuk memproduksi dan mendistribusi produk secara masal, pemasaran berbagai produk yang menyajikan pilihan produk berbeda untuk segmen berbeda, dan pemasaran terarah yang mengembangkan produk untuk pasar yang spesifik.

1. Pemasaran masal, di mana para penjual memproduksi secara masal, mendistribusikan secara masal, dan mempromosikan secara masal satu produk kepada semua pembeli. Pemikirannya, bahwa biaya produksi dan harga menjadi murah dan dapat menciptakan pasar potensial paling besar.

2. Pemasaran berbagai produk, di mana penjual memproduksi dua macam produk atau lebih yang mempunyai sifat, gaya, mutu, ukuran dan sebagainya yang berbeda. Pemikirannya, bahwa konsumen memiliki selera berbeda yang berubah setiap waktu, dan selalu mencari variasi serta perubahan.

3. Pemasaran terarah, di sini penjual mengenali berbagai segmen pasar, memilih satu atau beberapa di antaranya, dan mengembangkan produk serta bauran pemasaran yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing konsumen.

Produsen atau perusahaan modern, kini menjauhi pemasaran masal dan pemasaran berbagai produk, dan mendekati pemasaran terarah. Penjual dapat mengembangkan produk yang tepat untuk setiap pasar sasaran dan menyesuaikan harga, saluran distribusi, dan iklannya untuk mencapai pasar sasaran secara efisien. Dengan menggunakan pemasaran terarah, yang semakin dekat dengan bentuk pemasaran mikro, perusahaan menyesuaikan program pemasaran pada kebutuhan dan keinginan dari segmen geografik, demografik, psikografik, atau tingkah laku, yang telah ditentukan secara sempit. Bentuk akhir dari pemasaran terarah adalah pemasaran yang disesuaikan, yaitu bila perusahaan menyesuaikan produk dan program pemasaran pada kebutuhan pelanggan secara spesifik.

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Kotler, 2001). Dengan kata lain, segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah.

Perusahaan membagi pangsa pasar ke dalam segmen-segmen pasar tertentu di mana masing-masing segmen tersebut bersifat homogen. Perbedaan keinginan dan hasrat konsumen merupakan alasan yang utama untuk diadakannya segmentasi pasar. Jika terdapat bermacam-macam hasrat dan keinginan konsumen, maka perusahaan dapat mendesain suatu produk untuk mengisi suatu heterogenitas keinginan dan hasrat tersebut. Dengan demikian dapat berkreasi dengan suatu penambahan penggunaan yang khusus untuk konsumen dalam segmen yang diinginkan. Konsumen akan mau membayar lebih tinggi terhadap produk yang mereka butuhkan bila mereka menerima berbagai keuntungan dari produk tersebut. Perusahaan atau para penjual mengklasifikasikan beberapa kelompok sasaran segmen pemasaran, yakni segmentasi pasar konsumen, segmentasi pasar industri, dan segmentasi pasar internasional. Kelompok segmen pasar tersebut memiliki karakteristik berbeda, sehingga memerlukan cara tersendiri untuk menanganinya.


4. Jelaskan faktor faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk pembelian ulang suatu produk ?


1. Loyalitas pada produk, Loyalitas konsumen secara umum dapat diartikan kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa tertentu. Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen dari perusahaan tersebut.

2. Kualitas pada produk Kualitas menjadi salah satu tolak ukur penting terhadap kepuasanpelanggan untuk kembali membeli.



Sumber : google.com

Minggu, 02 Oktober 2011

smartphone

Nama : Richard Arnoldi
Kelas/Npm : 3ea02/10209134
Matkul : Perilaku konsumen #

1. Mengapa harus memakai smart phone merk blackberry ?
Blackberry adalah salah satu smartphone di indonesia yg sudah sangat menjamur atau bisa dikatakan yang sudah merajalela di indonesia.. jawaban atas pertanyaan di atas adalah karena
dengan menggunakan blackberry ini sangat memudahkan bagi kita pemakainya dalam berkomunikasi.

2. Kelebihan dan kekurangan smartphone blackberry

KELEBIHAN
Kelebihan smartphone ini sangat banyak apalagi jika anda tidak hanya menggunakannya sebagai fasilitas chating dan social network saja.. Di dalam smartphone ini terdapat juga fasilitas notes pad aplikasi untuk menyimpan catatan penting dalam kegiatan sehari hari. Ada juga fasilitas aplikasi word pad yang lebih memudahkan anda untuk membuat tugas atau dokumen tanpa harus menggunakan laptop atau komputer. Kamera di smartphone ini juga termasuk bagus karena pixelnya yg lebih besar dan sudah dengan auto focus..


KEKURANGAN
Kekurangan smartphone ini terletak pada bagian battery karena jika anda menggunakan smartphone ini dan membuat banyak aplikasi seperti chating dan social network akan lebih cepat membuat battrenya cepat habis. Dan juga harga smartphone ini tidaklah semurah dengan smartphone merek lain yang ada di indonesia..


3. Alternatif pilihan smartphone lain

Ada merk lain selain smartphone tipe blackberry, contohnya samsung dengan mengandalkan samsung galaxynya dengan os android. samsung galaxy ini juga termasuk smartphone yang mempunyai fasilitas yg hampir sama dengan blackberry hanya perbedaan terdapat dalam os-nya saja..


4. Keputusan membeli

Saya telah memutuskan untuk memakai blackberry walaupun harganya agak sedikit lebih mahal dibanding smartphone merek lain, tapi blackberry ini lebih saya sukai karena faktor lingkungan dan teman teman yang lebih mendukung untuk memakai smartphone ini dibanding smartphone merek lain..

5. Evaluasi

Mungkin seharusnya pihak rim lebih memperhatikan peminat blackberry di indonesia dengan sedikit menurunkan harga blackberry tersebut karena hampir rata-rata semua rakyat indonesia ingin memakai blackberry karena berbagai faktor jadi lebih baik harga diturunkan agar semua rakyat indonesia bisa menikmati kemudahan dalam menggunakan smartphone ini.